webserver

webserver

pertemuan sebelumnya telah dijelaskan mengenai IP Address dan server, sekarang mulai ke inti, apa yang dimaksud dengan Webserver?

1. Webserver, adalah sebuah aplikasi yang memiliki service HTTP, dengan port default yakni 80. Apa kata lain ini? Ketika anda menuliskan URL di web browser anda, contoh: http://www.google.com/ , ketika anda tekan go/enter, maka hal yang dilakukan pertama kali oleh web browser adalah mencari alamat domain dengan nama google.com. ternyata google.com memiliki IP Address Public yakni: 216.239.61.104 . setelah menemukan komputer server google, hal yang dilakukan adalah MENCARI service HTTP dengan port 80. jika service HTTP ada berjalan dengan port 80, maka server merespon dan me-reply ke web browser untuk segera ditampilkan di halaman.


Ini berarti, sebuah alamat URL yang dapat dibuka di sebuah web browser (Mozilla Firefox, IE, Safari, Flock, dsb) pasti memiliki aplikasi server yang jalan di port 80. service ini dinamakan dengan HTTP, dan port default adalah 80. aplikasi terpopuler yang sering digunakan adalah apache (http://www.apache.org/).

2. Ketika sebuah node (lihat 4) masuk kedalam sebuah server, maka secara default akan langsung membaca apache (HTTP port 80) yang memiliki file bernama index.html (lihat 5) di dalam sebuah DocumentRoot (lihat 3)

3. DocumentRoot adalah direktori yang digunakan untuk menyimpan semua project yang sedang dilakukan. DocumentRoot bersifat dinamis, dapat diubah dimana project akan diletakkan. Secara default, DocumentRoot terdapat di /var/www/ (ubuntu linux) or c:\apache\htdocs (windows)

4. Node adalah adalah satu denyut jaringan yang mengirim-menerima paket saat webserver meminta URL

5. index.html adalah file default untuk ditampilkan ke webserver. (kenapa tidak yang lain? seperti index.php atau index.pl) ini akan dipelajari di lesson berikutnya.

6. Konfigurasi utama pada apache, secara default terdapat di c:\apache\conf\httpd.conf , lihat dan edit sesuai dengan kebutuhan.

7, tutorial, silahkan kunjungi: http://httpd.apache.org/docs/1.3/mod/core.html , http://httpd.apache.org/docs/2.0/mod/core.html

One thought on “webserver

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s