Tips hadapi rasa cemburu

cemburu

Cemburu adalah reaksi negatif ketika kamu menghadapi kemungkinan kehilangan apa yang kita punyai kepada orang lain. Tidak seperti rasa iri, cemburu biasanya melibatkan 3 orang yakni anda, orang yang kita inginkan dan seorang lagi yang berpeluang untuk menggagalkan niatan anda.

Cemburu adalah kebiasaan tidak sehat yang bisa menghancurkan berbagai jenis hubungan. Jika anda memang jenis orang yang pencemburu, anda mungkin sangat paham bagaimana buruknya dampak yang bisa ditimbulkan oleh rasa cemburu yang membabi buta. Intinya, rasa cemburu adalah gambaran rasa takut yang sulit hilang jika kita tak berusaha untuk menghilangkannya.
Jika anda termasuk tipe pencemburu, jangan khawatir. Tips di bawah mungkin bisa membantu:
1. Teliti pemicu rasa cemburu anda
Situasi tertentu bisa memicu gambaran maupun kemungkinan bahwa anda ketakutan. Apa gambaran yang keluar dalam benak anda saat rasa cemburu mulai menyerang?
a. Pacar anda berinteraksi dengan orang lain. Rasa takut pasangan anda akan berselingku dengan seseorang yang menurut anda lebih baik dari anda.
b. Anak memilih ditemani orang lain. Rasa tidak aman bahwa anda tidak bisa melakukan tugas sebagai orang tua dengan baik.
c. Orang tua lebih memperhatikan rekan bisnisnya yang baru. Rasa takut bahwa orang tua tak lagi bisa meluangkan waktu untuk anda.
d. Sahabat meluangkan lebih banyak waktu dengan orang lain. Rasa takut bahwa sahabat anda akan memilih orang tersebut dan mulai meninggalkan anda.
2. Tutup mulut
Ketika rasa cemburu mulai mengambil alih pikiran anda, jangan mengeluarkan reaksi berlebihan. Jangan menuduh, jangan <i>ngambek<i>, jangan memperlihatkan sedikitpun tanda tak puas di muka anda. Cobalah lakukan hal yang justru tak akan dilakukan oleh orang yang sedang cemburu. Jika sahabat kita pergi dengan temannya yang baru, misalnya ke restoran, rekomendasikan restoran ataupun bioskop yang bagus. Jika rekan kerja anda sedang berbicara dengan orang lain, tinggalkan mereka berdua.
3. Sadarlah bahwa cemburu adalah ramalan yang menjadi nyata jika anda tak bisa mengendalikannya.
Ketika anda sedang cemburu, anda tidak merespon pada tingkah laku orang lain. Tapi justru secara tidak langsung anda merespon tingkah laku yang anda perkirakan sendiri. Dengan kata lain, anda bereaksi dengan skenario yang anda ciptakan sendiri.
4. Bangun rasa percaya diri
Cemburu biasa adalah hasil dari ketidak percayaan akan kemampuan kita sendiri. Terkadang itu adalah rasa terpendam jauh di lubuk hati bahwa seseorang akan meninggalkan anda, atau menarik cinta dan perhatian mereka, karena anda “tak cukup baik’. Orang yang percaya diri selalu tahu bahwa meski saat mereka ditolak, bukan selalu karena mereka gagal karena kadang-kadang orang mempunyai pemikiran yang pendek. Dan meskipun mereka gagal, tak sedikitpun mengurangi rasa percaya diri mereka. Kegagalan dengan tegas menunjuk bahwa kita harus mempelajari hal yang baru.
5. Berhenti bandingkan diri anda dengan orang lain
Terkadang kita merasa orang lain seperti mendapatkan semua yang dia butuhkan dalam hidupnya. Namun jika harus berkata jujur, apakah ada orang yang tak mempunyai masalah dalam hidupnya? Mereka terkadang mempunyai hidup yang terlihat nyaman. Namun apakah hal tersebut menjamin orang tersebut bahagia? Cobalah berteman dengan orang yang anda anggap sempurna tersebut, dan anda akan menemukan bahwa di balik kesempurnaannya masih ditemui banyak kefanaan.
6. Berhentilah merasa mempunyai hak atas kehidupan orang lain
Anda merasa cemburu jika orang yang anda sayangi lebih sering berhubungan dengan orang lain dibandingkan dengan anda. Kalau begitu anda harus mempertimbangkan: “Berapa banyak waktu dalam hidupnya yang benar-benar aku perlukan?” Bisa dimengerti bahwa anda membutuhkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang anda sayangi. Jika mereka sama sekali tak pernah menghabiskan waktu dengan anda, ketakutan anda mungkin benar. Namun jika mereka masih menyisihkan waktu untuk anda, dan anda masih tak terima melihat orang tersebut berinteraksi dengan orang lain, maka itu tak sehat. Cari aktivitas lain, kenalan baru. Isi waktu anda.
7. Percaya
Jika anda mencemburui seseorang, bisa berarti bahwa kepercayaan anda sudah runtuh. Kemungkinan lain, kepercayaan anda sudah pernah runtuh pada masa lalu, dan anda takut hal yang sama akan terulang pada waktu sekarang. Pertanyaan yang patut anda layangkan adalah apakah orang tersebut pernah mengingkari anda di masa lalu? Jika tidak, beri dia penghargaan, dan jangan perlakukan dia seperti penjahat. Jika orang tersebut pernah mengingkari anda, maka inilah waktunya untuk memaafkan, atau kalau tidak rasa cemburu siap untuk menggerogoti hubungan anda. Titik.

Cemburu adalah reaksi negatif ketika kamu menghadapi kemungkinan kehilangan apa yang kita punyai kepada orang lain. Tidak seperti rasa iri, cemburu biasanya melibatkan 3 orang yakni anda, orang yang kita inginkan dan seorang lagi yang berpeluang untuk menggagalkan niatan anda.
Cemburu adalah kebiasaan tidak sehat yang bisa menghancurkan berbagai jenis hubungan. Jika anda memang jenis orang yang pencemburu, anda mungkin sangat paham bagaimana buruknya dampak yang bisa ditimbulkan oleh rasa cemburu yang membabi buta. Intinya, rasa cemburu adalah gambaran rasa takut yang sulit hilang jika kita tak berusaha untuk menghilangkannya.
Jika anda termasuk tipe pencemburu, jangan khawatir. Tips di bawah mungkin bisa membantu:
1. Teliti pemicu rasa cemburu anda   Situasi tertentu bisa memicu gambaran maupun kemungkinan bahwa anda ketakutan. Apa gambaran yang keluar dalam benak anda saat rasa cemburu mulai menyerang?
a. Pacar anda berinteraksi dengan orang lain. Rasa takut pasangan anda akan berselingku dengan seseorang yang menurut anda lebih baik dari anda.
b. Anak memilih ditemani orang lain. Rasa tidak aman bahwa anda tidak bisa melakukan tugas sebagai orang tua dengan baik.
c. Orang tua lebih memperhatikan rekan bisnisnya yang baru. Rasa takut bahwa orang tua tak lagi bisa meluangkan waktu untuk anda.
d. Sahabat meluangkan lebih banyak waktu dengan orang lain. Rasa takut bahwa sahabat anda akan memilih orang tersebut dan mulai meninggalkan anda.
2. Tutup mulut   Ketika rasa cemburu mulai mengambil alih pikiran anda, jangan mengeluarkan reaksi berlebihan. Jangan menuduh, jangan <i>ngambek<i>, jangan memperlihatkan sedikitpun tanda tak puas di muka anda. Cobalah lakukan hal yang justru tak akan dilakukan oleh orang yang sedang cemburu. Jika sahabat kita pergi dengan temannya yang baru, misalnya ke restoran, rekomendasikan restoran ataupun bioskop yang bagus. Jika rekan kerja anda sedang berbicara dengan orang lain, tinggalkan mereka berdua.
3. Sadarlah bahwa cemburu adalah ramalan yang menjadi nyata jika anda tak bisa mengendalikannya.   Ketika anda sedang cemburu, anda tidak merespon pada tingkah laku orang lain. Tapi justru secara tidak langsung anda merespon tingkah laku yang anda perkirakan sendiri. Dengan kata lain, anda bereaksi dengan skenario yang anda ciptakan sendiri.
4. Bangun rasa percaya diri   Cemburu biasa adalah hasil dari ketidak percayaan akan kemampuan kita sendiri. Terkadang itu adalah rasa terpendam jauh di lubuk hati bahwa seseorang akan meninggalkan anda, atau menarik cinta dan perhatian mereka, karena anda “tak cukup baik’. Orang yang percaya diri selalu tahu bahwa meski saat mereka ditolak, bukan selalu karena mereka gagal karena kadang-kadang orang mempunyai pemikiran yang pendek. Dan meskipun mereka gagal, tak sedikitpun mengurangi rasa percaya diri mereka. Kegagalan dengan tegas menunjuk bahwa kita harus mempelajari hal yang baru.
5. Berhenti bandingkan diri anda dengan orang lain   Terkadang kita merasa orang lain seperti mendapatkan semua yang dia butuhkan dalam hidupnya. Namun jika harus berkata jujur, apakah ada orang yang tak mempunyai masalah dalam hidupnya? Mereka terkadang mempunyai hidup yang terlihat nyaman. Namun apakah hal tersebut menjamin orang tersebut bahagia? Cobalah berteman dengan orang yang anda anggap sempurna tersebut, dan anda akan menemukan bahwa di balik kesempurnaannya masih ditemui banyak kefanaan.
6. Berhentilah merasa mempunyai hak atas kehidupan orang lain   Anda merasa cemburu jika orang yang anda sayangi lebih sering berhubungan dengan orang lain dibandingkan dengan anda. Kalau begitu anda harus mempertimbangkan: “Berapa banyak waktu dalam hidupnya yang benar-benar aku perlukan?” Bisa dimengerti bahwa anda membutuhkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang anda sayangi. Jika mereka sama sekali tak pernah menghabiskan waktu dengan anda, ketakutan anda mungkin benar. Namun jika mereka masih menyisihkan waktu untuk anda, dan anda masih tak terima melihat orang tersebut berinteraksi dengan orang lain, maka itu tak sehat. Cari aktivitas lain, kenalan baru. Isi waktu anda.
7. Percaya   Jika anda mencemburui seseorang, bisa berarti bahwa kepercayaan anda sudah runtuh. Kemungkinan lain, kepercayaan anda sudah pernah runtuh pada masa lalu, dan anda takut hal yang sama akan terulang pada waktu sekarang. Pertanyaan yang patut anda layangkan adalah apakah orang tersebut pernah mengingkari anda di masa lalu? Jika tidak, beri dia penghargaan, dan jangan perlakukan dia seperti penjahat. Jika orang tersebut pernah mengingkari anda, maka inilah waktunya untuk memaafkan, atau kalau tidak rasa cemburu siap untuk menggerogoti hubungan anda. Titik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s