NIRVANA

NIRVANA

Nirvana adalah grup band rock Amerika yang dibentuk oleh Kurt Cobain (vokal/gitaris) dan bassist Krist Novoselic di Aberdeen, Washington pada 1987. Nirvana berulangkali mengalami pergantian drummer, yang bertahan paling lama adalahDave Grohl yang bergabung pada tahun 1990.

Dengan lagu “Smells Like Teen Spirit” dari album keduanya Nevermind (1991), Nirvana masuk ke dalam jajaran band rock papan atas dengan membawa sub-genre baru pada Alternative Rock yaitu Grunge.

Band Grunge dari Seattle lainnya, sebut saja Alice in ChainsPearl Jam dan Soundgarden akhirnya juga memperoleh kepopuleran dengan gaya baru ini. Akibatnya, Alternative Rock secara umum menjadi genre dominan di radio dan acara musik televisi Amerika Serikat pada pertengahan tahun 1990.

Sebagai personil utama NirvanaKurt Cobain menyadari dirinya dijadikan sebagai “Juru Bicara Generasi” dan Nirvanasebagai “Band terdepan” dari Generasi X. Cobain yang merasa tidak nyaman dengan semua perhatian yang ditujukan pada dirinya, memfokuskan kehidupannya hanya pada musik bandnya.

Perjalanan Nirvana berhenti tiba-tiba dengan kematian Kurt Cobain pada April 1994, tetapi kepopuleran band ini terus dikenang. Pada tahun 2002, “You Know You’re Right“, demo terakhir yang belum sempat diselesaikan menjadi hits dan diputar di radio-radio seluruh dunia. Sejak debutnya, Nirvana telah berhasil menjual 25 juta keping album hanya di Amerika Serikat dan lebih dari 50 juta keping di seluruh dunia.

One thought on “NIRVANA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s