Krakal

Pantai Krakal

Jogjakarta. Kota ini memang menjadi tempat kunjungan wisata paling populer setelah Bali di Indonesia.  Selain nilai budayanya yang mengakar kuat pada masyarakatnya, Jogja juga memiliki panorama alam yang indah. Berada di bibir Pantai Selatan, Laut Jawa, provinsi ini diberkahi dengan pemandangan alam menghadap ke laut yang menakjubkan. Jangan hanya pantai Parangtritis saja yang Anda jajaki jika berkunjung ke kota ini. Cobalah jelajahi indahnya panorama pantai yang masih belum banyak terjamah oleh para turis, seperti Pantai Krakal yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Wonosari ini.

Pantai Krakal terletak sekitar 65 kilometer dari kota Jogjakarta dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Perjalanan menuju pantai yang keindahannya mengalahkan Parngtritis ini memang cukup melelahkan. Melalui medan yang cukup berat dengan jalan berliku dan tanjakan yang cukup terjal, membuat perjalanan sedikit menguras tenaga.  Namun, pemandangan alam yang menyajikan panorama bebukitan kapur dan hutan ini akan terbayar sesampainya Anda di Pantai Krakal.

Hamparan pantai pasir putih seluas 5 kilometer langsung menyambut Anda. Di sekitarnya terdapat beberapa batu karang besar di tengah pantai yang semakin melengkapi keindahan panorama alam yang menakjubkan ini. Konon katanya, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika pantai ini menawarkan beragam tekstur alam yang indah. Mulai dari karang-karang yang sering kali dihiasi dengan kehadiran bintang-bintang laut, hamparan pantai pasir putih landai yang cocok untuk Anda berenang ataupun sekedar berjemur sepuas hati, hingga bebatuan besar ada di tengah dan dekat pesisir dalam bentuk-bentuk yang indah akibat abrasi pantai.

Pantai ini juga mampu membuat Anda merasa seperti memiliki rumah sendiri dengan halaman pesisir pantai yang menghadap ke laut. Krakal memang masih termasuk pantai yang sangat sepi pengunjungnya. Kesunyian pantai inilah yang menjadi nilai tambah dari Pantai Krakal. Kesunyiannya menciptakan pengalaman tersendiri bagi jiwa. Ia mampu meberikan ketenangan dan kesenangan diri yang teramat sangat. Cobalah berbaring di hamparan pasir putih halus sambil memejamkan mata, rasakan sepoi-sepoi angin laut yang menghampiri. Sensasinya luar biasa!

Karena saking sunyinya, wilayah pesisir pantai Krakal pun jarang disesaki kedai-kedai minuman atau seafood seperti pantai kebanyakan. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk membawa perbekalan sendiri dari rumah. Berpiknik di pinggir pantai sambil ditemani angin sepoi serta pemandangan langsung menghadap laut, tentu menjadi pilihan yang sangat menggoda.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di Pantai Krakal seperti berhati-hatilah jika Anda hendak berenang di pantai ini. Meski terlihat landai, namun ombak besar bisa sewaktu-waktu datang dan bisa membuat Anda ikut terbawa.

Selain itu, ancaman serius kini tengah harus dihadapi pantai ini. Keindahan pantai yang tengah diproyeksikan menjadi tourist resort seperti di Nusa Dua, Bali ini nampaknya harus menghadapi ancaman dari penduduk lokal. Ya, sekarang ini  sering terjadi pengambilan pasir putih dari pantai tersebut. Pengambilan pasiri putih ini juga sayangnya justru tindakan legal karena mengantongi surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh salah satu lembaga. Semoga ancaman ini dapat segera teratasi sehingg eksotisme Pantai Krakal akan dapat terus terjaga.

Meski begitu, Pantai Krakaadalah destinasi wajib yang harus Anda datangi jika berencana berlibur di Jogjakarta. Dengan hanya membayar 1000-2000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis yang tidak akan pernah bisa Anda lupakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s